Ternyata Sholat Juga Memiliki Manfaat Kesehatan Loh


Bagi pemeluk agama Islam, shalat merupakan kegiatan ibadah yang wajib dilakukan 5 kali dalam sehari. Selain nilai spiritual dan hubungannya dengan Sang Pencipta, manfaat doa juga terbukti baik untuk kesehatan. Kewajiban dasar bagi umat Islam ini juga tidak memberatkan, karena jika keterbatasan fisik menghalangi shalat berdiri, maka duduk atau berbaring juga diperbolehkan.

Manfaat sholat bagi kesehatan

Beberapa manfaat gerakan sholat bagi kesehatan antara lain:

Baik untuk sistem pencernaan

Manfaat gerakan sholat pertama baik untuk sistem pencernaan. Di pagi hari, ketika perut masih kosong, umat Islam melakukan sholat subuh 2 rakaat. Sedangkan setelah makan malam, shalat yang dilakukan adalah shalat Isya dengan 4 rakaat. Doa dapat meningkatkan fungsi hati, mengendurkan usus besar, dan membantu meningkatkan kinerja usus.

Melancarkan aliran darah

Gerakan pertama dalam shalat yaitu takbir dilakukan sambil berdiri, yang juga memperlancar aliran darah ke batang tubuh. Selain takbir, dari sudut pandang ilmiah, manfaat kesehatan dari kelelahan membantu aliran darah ke otak karena kepala lebih rendah dari jantung.

Biarkan tubuh rileks

Manfaat lain dari shalat adalah duduk atau tasyahud. Saat Anda duduk di antara lutut atau tahiyat, paha, lutut, tulang belakang, dan persendian Anda berada dalam posisi yang memberikan efek relaksasi pada seluruh tubuh. Tekanan yang Anda rasakan saat duduk akan terasa seperti pijatan yang menenangkan.

Gerakan Bersama

Manfaat sholat tidak lepas dari pergerakan sendi saat melakukan postur sholat. Ketika persendian bergerak di atas satu sama lain dan saling bertumpu, maka akan terjadi aliran nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini dapat mengurangi risiko nyeri sendi, radang sendi (arthritis), dan kelumpuhan.

Baik untuk postur

Dalam jangka panjang, postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan penyakit lain. Oleh karena itu, manfaat gerakan sholat juga penting untuk membuat postur tubuh menjadi ideal.

Posisi berdiri saat takbir membuat postur menjadi lebih baik. Postur tubuh harus benar-benar tegak dan tahu betul bagaimana menopang berat badan. Selain itu, gerakan sholat yang dilakukan beberapa kali sehari membuat postur tubuh yang terlatih lebih tegak.

Peregangan

Salah satu manfaat salat bagi kesehatan juga bisa didapatkan saat membungkuk atau saat punggung ditekuk 90 derajat. Keuntungan dari gerakan Rukuk adalah tubuh bisa meregang, tapi tidak terlalu banyak. Punggung, paha, dan betis diregangkan saat aliran darah meningkat.

Terapi Psikologis

Poin terakhir, manfaat gerakan shalat berbeda dengan manfaat fisik tetapi lebih pada manfaat psikologis. Doa adalah salah satu bentuk terapi psikologis yang membantu menenangkan jiwa dan melepaskan beban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *