Kaki Seperti Tertusuk Jarum Saat Diam? Ini Penyebabnya!


Dari waktu ke waktu, wajar jika orang merasa kakinya ditusuk jarum. Biasanya hal ini juga disertai dengan mati rasa nyeri. Meski hanya sebentar, tak apa. Namun jika terus muncul, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit tertentu. Adanya penyakit tertentu berbeda dengan rasa kebas akibat duduk dalam posisi salah terlalu lama. Tuduhan sakit kaki akibat penyakit kronis bisa dibuktikan jika tidak kunjung sembuh dalam waktu lama.

Penyebab kaki seperti ditusuk jarum

Berikut beberapa kondisi kronis dengan gejala kaki seperti kesemutan:

Diabetes dan Neuropati Diabetik

Diabetes dan komplikasinya, yaitu neuropati diabetik, adalah penyebab paling umum dari seseorang yang merasa kakinya seperti ditusuk jarum. Perasaan ini muncul terus menerus dan durasinya cukup lama. Dalam kasus neuropati diabetes, saraf rusak oleh gula darah tinggi.

Multiple Sclerosis

Penyakit yang menyerang sistem saraf pusat menyebabkan sistem kekebalan menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Akibatnya, pasien multiple sclerosis akan mengalami kerusakan saraf dan kesulitan berkomunikasi antara otak dan tubuh. Salah satu gejala MS yang paling umum adalah sensasi kesemutan di tangan, kaki, tubuh, dan wajah.

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme berarti kelenjar tiroid kurang aktif dan tidak dapat menghasilkan cukup hormon yang dibutuhkan tubuh. Gejala terkadang cukup ringan dan dianggap sebagai tanda kondisi lain. Jika tidak diobati, hipotiroidisme dapat menyebabkan komplikasi serius seperti neuropati perifer. Orang dengan kondisi ini akan sering merasakan kakinya ditusuk jarum sehingga membuatnya mati rasa.

Sindrom Saluran Tarsal

Sindrom terowongan tarsal dapat menyebabkan rasa sakit mulai dari kesemutan hingga sensasi terbakar di kaki, tumit, dan pergelangan kaki. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari tekanan pada saraf tibialis, yang memberikan sensasi dan gerakan otot yang dalam di kaki bagian bawah.

Pasien dengan tarsal canal syndrome akan diminta untuk istirahat, minum obat anti inflamasi dan menggunakan alat bantu dalam memperbaiki kondisi kaki. Selain itu, pengobatan juga bisa berupa terapi fisik atau suntikan kortikosteroid untuk menghilangkan rasa sakit.

Konsumsi alkohol berlebihan

Artinya saraf tepi mengalami kerusakan dan dapat terjadi pada 46,3% orang yang menyalahgunakan alkohol secara kronis. Mereka akan merasakan sensasi ditusuk jarum di tangan, kaki, dan lengan yang berlangsung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *