Selancar ? Olahraga Air Yang Sangat Seru Loh Ini


Selancar semakin populer ketika memulai debutnya di olimpiade. Pihak penyelenggara sengaja mengusulkan selancar sebagai olahraga baru untuk menjadikan Olimpiade lebih muda dan mengintegrasikan budaya yang berbeda.

Secara alami, atlet atau pemain menaklukkan ombak di papan selancar. Selain itu, tidak ada gelombang yang bergerak persis sama. Hal ini membuat kompetisi selancar semakin seru karena para atlet harus menjaga keseimbangan terhadap hal-hal yang diluar kendali, yaitu alam.

Manfaat berselancar

Seorang peselancar membutuhkan latihan yang konsisten dan lama untuk menguasai papan selancarnya. Lebih khusus lagi, selancar adalah olahraga di papan selancar sepanjang 2,7 meter. Tepi papan selancar ini meruncing agar mudah bermanuver dan berputar.

Lalu apa saja manfaat dari berselancar?

Menenangkan pikiran

Berada di tengah laut atau di pantai dan terkena cipratan air di sekujur tubuh bisa menenangkan pikiran. Tempat selancar bisa berisik dari suara ombak, tapi pikiran dan jiwa bisa terasa tenang.

Ini seperti bermanuver di papan selancar bisa membebaskan Anda dari segala macam pikiran di kepala Anda. Mereka sangat menikmati apa yang terjadi di sekitar mereka sehingga mereka dapat lebih berkonsentrasi dan merasa kurang cemas.

Jadilah bahagia dan energik

Tidak berlebihan bagi para peselancar untuk mengatakan bahwa mereka lebih bahagia dan lebih energik setelah bermain. Paparan air dingin menjadi semacam alarm bagi otak untuk memproduksi endorfin.

Pada saat yang sama, otak mendapatkan efek yang sama seperti terapi kejut listrik yang telah digunakan untuk mengobati depresi. Berselancar membuat sistem saraf simpatik dan parasimpatis keduanya aktif secara bersamaan.

Tidak ada tantangan yang sama

Tidak seperti beban seperti dumbel, yang beratnya dapat diprediksi, selancar tidak. Tidak ada gelombang yang persis sama. Setiap detik tidak dapat diprediksi. Inilah yang membuat selancar begitu seru dan menyenangkan.

Menariknya, sebuah studi pada peselancar yang lebih tua mendukung hal ini. Mereka menemukan bahwa orang yang berselancar dalam waktu lama memiliki keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Meredakan Gejala Epilepsi

Berselancar di laut atau pantai dan terkena cipratan udara dingin yang intens juga dapat meredakan gejala epilepsi. Karena tubuh dirangsang dan dipaksa untuk memikirkan apa yang harus dilakukan di air dingin.
Tidak hanya itu, sistem parasimpatis juga terlibat untuk menenangkan diri. Saat tenang, korteks motorik sensorik diaktifkan dan mulai merasakan keseimbangan.

Ketekunan dan konsistensi juga menjadi dua unsur penting untuk menguasai olahraga yang satu ini. Terus berusaha dan berlatih pada akhirnya akan menjadikan ombak dan air laut tempat yang seru untuk berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *