Mengkonsumsi Bir Ternyata Juga Ada Manfaatnya Loh !


Bila dikonsumsi dengan benar, sebenarnya ada manfaat kesehatan potensial dari minum bir. Namun, tidak ada bukti yang kurang dari bahaya alkohol jika dikonsumsi secara berlebihan. Dari sudut pandang nutrisi, bir sebenarnya mengandung vitamin dan mineral.

Meskipun bir mengandung nutrisi, tetap saja lebih baik konsumsi makanan dan minuman sehat. Untuk memenuhi kebutuhan asupan harian, maka perlu mengkonsumsi bir dalam jumlah banyak. Hal ini tentu saja membahayakan kesehatan.

Potensi Manfaat Minum Bir

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, beberapa penelitian menunjukkan ada manfaat potensial dari minum bir, seperti:

Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bir dan alkohol dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Akibatnya, kolesterol baik (HDL) mereka meningkat dan kemampuan tubuh untuk membuang kolesterol jahat juga lebih baik. Konsumsi bir yang berlebih bisa menyebabkan penyakit jantung juga lama kelamaan.

Potensi untuk mengontrol kadar gula darah

Konsumsi alkohol dalam porsi kecil juga berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah. Dalam beberapa penelitian, minum bir dalam jumlah kecil dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko diabetes. Secara tidak langsung, hal itu juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Peningkatan kepadatan tulang

Minum bir juga dikatakan dapat meningkatkan kepadatan tulang, terutama bagi pria dan wanita pascamenopause. Selain itu, potensi ini berasal dari kandungan etanol pada kesehatan tulang.

Potensi untuk mengurangi risiko demensia

Sementara konsumsi alkohol berlebihan tidak baik untuk kesehatan otak, ada potensi manfaat minum bir, yaitu dapat mengurangi risiko demensia pada orang tua. Konsumsi alkohol moderat, khususnya, dapat mengurangi risiko demensia dan penurunan kognitif pada orang dewasa.

Potensi untuk hidup lebih lama

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi ada juga penelitian yang mengatakan konsumsi alkohol moderat dapat mengurangi risiko kematian lebih cepat, terutama di masyarakat Barat. Tetapi sekali lagi, penggunaan alkohol juga merupakan penyebab utama kematian ketiga di Amerika Serikat karena risiko penyakit kronis, keterlibatan dalam kecelakaan, dan masalah sosial.

Jadi itu kembali ke pilihan semua orang dalam hal konsumsi alkohol yang dapat diterima. Jika dikonsumsi sedikit, beberapa potensi manfaat minum bir di atas bisa dirasakan. Tapi ingat, tidak peduli seberapa sedikit alkohol yang Anda minum, risiko kanker mulut dan tenggorokan tetap ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *