Kenali Penyebab – Penyebab Dari Kenakalan Remaja


Kenakalan remaja mengacu pada semua pelanggaran aturan di masyarakat oleh remaja. Fenomena sosial ini sering dijumpai dikalangan mahasiswa. Tawuran merupakan salah satu contoh kenakalan remaja yang sering terjadi.

Masalah ini pasti harus dipertimbangkan untuk orang tua dengan remaja. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kenakalan remaja, berikut ini penjelasan mengenai contoh, penyebab dan cara mengatasi kenakalan remaja.

Contoh kenakalan remaja

Anda mungkin pernah melihat atau membaca berita tentang kejahatan anak di Indonesia. Ada beberapa contoh umum kenakalan remaja mulai dari yang tidak bersalah sampai yang kriminal. Kenakalan remaja dapat berdampak negatif bagi dirinya, keluarga bahkan masyarakat. Dampak yang dirasakan dapat berupa fisik atau mental, misalnya kecanduan narkoba dan perilaku menyimpang lainnya.

Di sisi lain, dampak kenakalan remaja terhadap keluarga dapat menimbulkan ketidakharmonisan dan terganggunya komunikasi antara anak dan orang tua.

Penyebab kenakalan remaja

Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh faktor internal. Berikut penjelasan dari kedua faktor tersebut. Penyebab kenakalan remaja yang didorong oleh faktor internal dapat disebabkan oleh:

Krisis identitas

Kenakalan remaja dapat dipicu oleh krisis identitas, di mana mereka mempertanyakan dan mencari identitas mereka sendiri.

Kontrol diri yang lemah

Sifat nakal remaja juga bisa terjadi sebagai akibat dari pengendalian diri yang kurang baik dimana mereka tidak dapat mengendalikan diri untuk menghindari sifat nakal padahal mereka sudah tahu seharusnya tidak.

Cara mengatasi kenakalan remaja

Tentu saja, jika orang tua telah memahami penyebab dan contoh kenakalan remaja, mereka tidak boleh membiarkan perilaku ini. Berikut cara-cara mengatasi kenakalan remaja yang dapat dilakukan:

Menerapkan aturan dan konsekuensi

Ajaklah anak-anak untuk membahas aturan yang telah Anda perkenalkan dan konsekuensinya. Beri dia wawasan bahwa aturan ini dapat melindunginya dari tindakan yang merugikannya.

Tanyakan apa yang terjadi padanya

Ketika seorang anak berperilaku buruk, orang tua cenderung menghakimi anak tersebut. Namun, yang terbaik adalah bertanya kepada anak Anda apa yang terjadi terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda memahami mereka dan memastikan mereka dirawat.

Luangkan waktu untuk anak-anak

Terkadang beberapa orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk anak-anak mereka. Namun, dia membutuhkan perhatian dan kasih sayang. Jadi, luangkan waktu untuk mendengarkan dan menyarankan kemungkinan solusi atau masalah.

Hindari bersikap kasar dan mengkritik anak-anak

Bersikap kasar dan mengkritik anak Anda hanya akan membuatnya menjauh dari Anda, terutama ketika remaja lebih mudah tersinggung. Jadi hindari itu dan bicaralah dengan baik.

Selain orang tua, guru dan lingkungan juga harus peka terhadap berbagai contoh kenakalan remaja. Menyarankan mereka untuk menjauhi tindakan yang bertentangan dengan norma di masyarakat sehingga masalah ini dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *