Berbagai Penyebab Pusing Habis Makan Daging


Pernahkah Anda merasa pusing setelah makan daging? Ternyata, sakit kepala setelah makan daging kurban adalah hal biasa. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan pusing setelah makan daging sapi atau kambing. Karena alasannya bervariasi, yang terbaik adalah jika Anda perlu mengidentifikasi penyebabnya jika Anda memilikinya atau sering mengalaminya.

Penyebab Pusing Habis Makan Daging

Ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan sakit kepala habis makan daging. Berikut beberapa penyebabnya:

Alergi daging

Jika Anda terus-menerus merasa pusing habis makan daging kambing, sapi atau daging lainnya, itu dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki alergi daging. Alergi daging sapi adalah salah satu jenis alergi daging yang paling umum.

Keracunan Daging

Jika Anda tiba-tiba merasa pusing atau sakit kepala setelah makan daging olahan, bisa jadi karena keracunan daging. Infeksi bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella, E. coli, atau listeria, dapat menyebabkan keracunan dan menyebabkan sakit kepala atau pusing habis makan daging kambing atau daging lainnya.

Kelebihan Zat Besi

Daging merah merupakan sumber zat besi. Namun, konsumsi zat besi yang berlebihan, termasuk daging merah, dapat menyebabkan keracunan zat besi. Nah, sakit kepala atau pusing merupakan salah satu masalah yang bisa diakibatkan oleh keracunan zat besi.

Kandungan Tiramin

Tyramine adalah senyawa alami yang ditemukan pada tumbuhan dan hewan, termasuk daging merah. Makan makanan tinggi tyramine dapat menyebabkan sakit kepala atau pusing.

Salah satu penyebab tyramine dapat menyebabkan sakit kepala setelah makan daging kambing atau sapi adalah karena dapat memperlebar dan menyempitkan pembuluh darah, terutama jika Anda memiliki kondisi lain.

Hipotensi Ortostatik

Kebanyakan orang duduk sambil makan dan bangun segera setelah mereka selesai makan. Beberapa orang mungkin mengalami penurunan tekanan darah secara tiba-tiba saat berdiri.

Dalam hal ini, penyebab sebenarnya dari pusing bukanlah makan, tetapi perubahan mendadak dari duduk ke berdiri, yang disebut hipotensi ortostatik.

Hipotensi Postprandial

Kondisi lain yang dapat menyebabkan pusing setelah makan adalah hipotensi postprandial, atau kondisi di mana tekanan darah turun secara tiba-tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *