Ingin Sehat? Konsumsi Berbagai Tepung Bebas Gluten


Salah satu bahan yang hampir selalu menjadi bagian dari makanan olahan adalah tepung. Kabar baiknya adalah ada tepung bebas gluten di pasaran yang bisa menjadi alternatif.  Alternatif pengganti tepung terigu ini memiliki nilai gizi, tekstur dan rasa yang berbeda.

Pilihan tepung bebas gluten

Tidak semua orang dapat memiliki reaksi sensitif setelah makan gluten. Namun, bagi penderita intoleransi gluten, gejala seperti kembung bahkan depresi bisa terjadi.
Karena banyaknya bahaya gluten yang harus diwaspadai, tidak ada salahnya untuk mencoba tepung bebas gluten yang bisa digunakan sebagai bahan dalam masakan atau kue berikut ini:

Tepung almond

Mudah ditemukan dan yang paling umum, tepung almond adalah tepung bebas gluten dan bebas gandum. Bahan ini terbuat dari kacang almond dengan kulit yang dibuang.
Biasanya tepung ini merupakan pengganti bahan kue dan juga sebagai alternatif tepung roti. Bagi yang memasak dengan tepung, tambahkan telur. Tekstur akhir adonan akan lebih padat.

Tepung Soba

Meskipun mengandung kata “gandum”, tepung ini tidak mengandung gandum dan bebas gluten. Biasanya alternatif untuk membuat kue dan roti. Teksturnya biasanya lebih kasar karena tidak mengandung gluten. Jadi tidak apa-apa untuk menggabungkannya dengan tepung beras merah untuk mendapatkan tekstur yang tepat.

Tepung soba juga mengandung vitamin B. Kandungan mineralnya adalah zat besi, folat, magnesium, seng, mangan dan tentu saja serat. Antioksidan yang dikandungnya, yaitu polifenol, juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Tepung sorgum

Sorgum secara alami bebas gluten dan salah satu biji-bijian terpenting di dunia. Tekstur dan warnanya biasanya ringan, dengan rasa yang sedikit manis. Selain itu, makanan ini juga kaya akan serat dan protein yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam tubuh. Jangan sia-siakan kandungan mineral berupa zat besi yang bisa melawan peradangan.

Tepung Amaranth

Makanan bebas gluten berikut juga bisa dibuat dari tepung bayam. Ini sempurna sebagai bahan dalam tortilla, kulit pai, dan roti. Karena rasa kacangnya agak pedas, lebih baik dicampur dengan tepung lain.

Keunggulan tepung ini adalah kaya akan serat, protein dan zat gizi mikro seperti mangan, magnesium, fosfor, besi dan selenium. Mereka semua adalah makanan yang baik untuk fungsi otak, kesehatan tulang dan proses sintesis DNA. Sementara beberapa tepung bebas gluten yang tercantum di atas mungkin merupakan alternatif, pastikan untuk membaca labelnya. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa proses manufaktur dilakukan di fasilitas yang tidak menghasilkan gluten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *