Mulailah Belajar Mengambil Keputusan Karena Kalian Akan Membutuhkan Itu Setiap Saat

Mulailah Belajar Mengambil Keputusan Karena Kalian Akan Membutuhkan Itu Setiap Saat

Semua orang memiliki hak dan kewajiban masing-masing. Semua orang memiliki kesempatan untuk memilih, memutuskan, mengambil dan membuat. Mungkin saat kita kecil, kita tidak bisa sebebas saat kita dewasa, memilih ini itu. Karena saat kecil kita lebih cenderung tidak tahu apa-apa. Dan kita masih belum tahu apa akibatnya jika memilih ini atau itu. Sehingga saat kecil, lebih dominan orang tua memilihkan untuk kita. Dan kita tinggal terima bersih, dan menjalaninya saja. Kurang lebih seperti itu. 

Mulailah Belajar Mengambil Keputusan Karena Kalian Akan Membutuhkan Itu Setiap Saat

Tapi waktu akan terus berjalan, hari akan terus berganti, dan kita pun akan terus tumbuh kembang, mulai dari bayi, ke balita, ke anak kecil, remaja, dewasa, orang tua, dan lansia. Akan berputar seperti itu terus menerus. Sehingga kita akan terus berproses, kita akan terus belajar, kita akan terus menerima hal baru. Dan kita akan lebih sering dihadapkan dengan keadaan dimana kita harus memilih. Keadaan dimana kita harus memutuskan. Mau menjadi seperti apa, mau memilih yang mana, mau melangkah kemana. 

Kalau dulu kita tinggal terima bersih dan menjalani saja, saat kalian dewasa kalian akan diberikan kesempatan untuk memilih sendiri. Di saat kalian sudah di anggap cukup mengerti dan cukup dewasa mengambil sebuah keputusan. Maka mulai dari situ, kalian akan diberikan hak untuk memilih, membuat, dan mengambil keputusan. Karena kalian sudah cukup dewasa untuk tahu apa yang akan kalian terima dari keputusan kalian. Dan kalian mampu menanggung segala resiko dan tanggung jawab yang ada. 

Memang di beberapa keadaan ada beberapa hal yang rasanya sangat sulit untuk memilih. Tapi dengan berjalannya waktu kalian akan mulai terbiasa dengan keadaan seperti itu. Dan kalian akan lebih terlatih dalam mengambil keputusan. Dan tidak berhenti disitu. Saat kalian sudah terlatih untuk memilih, kalian akan dihadapkan dengan kecepatan. Dimana ada beberapa kasus kalian harus memilih atau mengambil keputusan dan dengan tekanan harus cepat, sehingga kalian tidak bisa memiliki waktu banyak untuk berpikir dan menimbang.