Cara Untuk Mengetahui Riwayat Penyakit Keluarga


Jika Anda pergi ke dokter untuk pemeriksaan kesehatan, dokter mungkin bertanya tentang riwayat kesehatan kerabat dekat, seperti orang tua atau saudara kandung. Bukan tanpa alasan, menanyakan riwayat penyakit keluarga membantu mendiagnosis penyakit yang Anda alami. Pahami lebih dalam tentang riwayat kesehatan keluarga dan penyakit yang dapat diturunkan dalam keluarga, serta cara mendeteksinya.

Bagaimana cara mengetahui riwayat kesehatan keluarga saya?

Berikut adalah beberapa cara Anda dapat mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda.

Tanya keluarga

Cara termudah untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga Anda adalah dengan mengadakan family gathering dan langsung bertanya. Tentunya Anda harus menginformasikan maksud dan tujuannya terlebih dahulu dan bersiap untuk saling berbagi informasi kesehatan.

Data Riwayat Kesehatan

Riwayat kesehatan adalah catatan riwayat penyakit dan masalah kesehatan yang telah diturunkan. Pengumpulan data riwayat kesehatan merupakan salah satu cara untuk mengetahui dan melengkapi riwayat kesehatan keluarga. Selain mengumpulkan riwayat kesehatan Anda yang ada, Anda juga dapat membuat catatan sendiri dari wawancara di reuni keluarga.

Anda dapat memberikan catatan ini kepada dokter Anda jika diperlukan. Kemudian dokter akan menafsirkan catatan tersebut dan memutuskan tes medis yang relevan dengan kondisi kesehatan Anda. Riwayat kesehatan keluarga penting bagi setiap individu. Selain membantu dokter mendiagnosis penyakit, riwayat ini juga penting untuk deteksi dini guna mencegah kemungkinan penyakit keturunan.

Gen Anda bisa menjadi ireversibel. Namun, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil jika Anda mengetahui riwayat kesehatan Anda dan keluarga Anda.
Misalnya, dari riwayat Anda diketahui bahwa Anda memiliki gen thalassemia dan sekarang berencana untuk menikah. Anda dan pasangan bisa melakukan pemeriksaan kesehatan (tes pernikahan) dan memeriksakan diri ke dokter.

Dokter Anda mungkin dapat membantu Anda, terutama dalam merencanakan program kehamilan jika ternyata pasangan Anda juga merupakan pembawa gen tersebut. Beberapa upaya, seperti IVF, dapat dilakukan untuk mencegah gen thalassemia diturunkan ke anak Anda di masa depan.

Mulailah dengan mengumpulkan atau menyimpan riwayat kesehatan keluarga Anda. Jika Anda masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *