Tidak Makan Malam Ternyata Tidak Sehat Loh!


Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk berdiet, Khusus untuk makan malam, tahukah Anda bahwa tidak makan malam ternyata bisa berdampak negatif bagi tubuh? Jika Anda sering melewatkan makan malam untuk berdiet, sebaiknya ganti dengan cara lain yang lebih efektif. Melewatkan makan dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari kecemasan, kekurangan energi hingga makan berlebihan di waktu lain.

Dampak negatif tidak makan malam bagi tubuh

Melewatkan makan malam, atau melewatkan makan secara umum, dapat memiliki beberapa efek negatif lain yang harus Anda waspadai, seperti:

Risiko malnutrisi

Melewatkan makan, seperti melewatkan makan malam, dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. Pasalnya, melewatkan waktu makan sama saja seperti tidak memberi asupan tubuh.

Risiko Kecemasan

Melewatkan waktu makan atau tidak makan dalam waktu lama dapat berdampak serius pada kesehatan mental Anda. Studi tersebut menemukan bahwa remaja yang melewatkan sarapan lebih mungkin mengalami stres dan depresi dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

Jika Anda tidak makan dalam waktu lama, gula darah Anda bisa turun, menyebabkan tubuh Anda memproduksi kortisol, hormon stres. Hormon ini berfungsi untuk membantu penurunan gula darah. Kondisi ini tidak hanya dapat membuat Anda cemas atau kesal, tetapi juga dapat membuat Anda mudah tersinggung, tidak menentu, dan bahkan lelah.

Risiko Masalah Pencernaan

Anda lebih rentan terhadap mual, diare dan sembelit jika Anda sering melewatkan waktu makan. Penyebabnya sama dengan ketakutan yang disebutkan sebelumnya, hormon kortisol yang dikeluarkan tubuh saat Anda tidak makan dalam waktu lama bisa mengganggu pencernaan Anda.

Risiko berkurangnya energi

Melewatkan makan, seperti melewatkan makan malam, akan membantu tubuh Anda membakar lebih sedikit kalori dan mungkin membuat Anda merasa lelah. Anda mungkin juga merasa pusing, lelah bahkan pingsan karena turunnya kadar gula darah dalam tubuh.

Waktu yang tepat untuk makan malam

Hindari makan malam tepat sebelum waktu tidur. Makan malam sebaiknya sebelum jam 8 malam. Ini karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan beberapa jam sebelum tidur.

Tidur dengan perut kenyang tidak baik untuk kesehatan. Jadi biasakan untuk tidak makan makanan berat setelah jam 8 malam. Saat lapar, Anda bisa makan camilan sehat yang bebas kalori, lemak, dan gula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *