Penyebab Perut Sering Sembelit Sehabis Operasi


Setelah operasi, seseorang dapat merasakan perubahan signifikan pada tubuhnya. Efek sampingnya biasanya kesulitan buang air besar setelah operasi. Mengatasi hal ini dapat meningkatkan konsumsi serat hingga obat pencahar. Sama pentingnya, indikator sembelit dapat bervariasi dari orang ke orang. Frekuensi buang air besar bervariasi dari orang ke orang, jadi jika ragu, konsultasikan dengan dokter.

Penyebab Sembelit Setelah Operasi

Ini lah alasannya:

Penggunaan obat

Obat penghilang rasa sakit setelah operasi diketahui menyebabkan sembelit sebagai efek samping. Salah satu alasannya adalah obat ini mengurangi pergerakan makanan di saluran pencernaan, sehingga tinja menjadi lebih kering.

Tak hanya itu, pereda nyeri juga meningkatkan penyerapan cairan dari saluran cerna. Dengan demikian, kebutuhan untuk buang air besar berkurang, sehingga terjadi konstipasi.

Konsumsi makanan dan minuman

Sebelum operasi, pasien diminta untuk tidak makan atau minum. Setelah operasi, dokter juga terkadang diinstruksikan untuk membatasi makan dan minum. Kombinasi pengurangan cairan dan makanan ini adalah kebalikan dari siklus usus tubuh.

Tidak aktif bergerak

Gerakan aktif merupakan salah satu kegiatan yang mengawali defekasi. Namun tentunya orang yang baru saja menjalani operasi harus berhati-hati dalam melanjutkan aktivitasnya. Penurunan aktivitas ini juga berperan dalam terjadinya konstipasi.

Anestesi

Anestesi atau pembiusan juga menyebabkan otot menjadi lumpuh sementara. Ini berarti makanan di saluran pencernaan berhenti bergerak. Sampai usus dan semua elemen di saluran pencernaan aktif kembali, tidak akan ada gerakan yang memicu buang air besar.

Cara mengatasi sembelit setelah operasi

Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat mengurangi rasa sembelit setelah operasi. Tapi ini tidak bisa langsung terjadi, jadi butuh waktu. Beberapa hal yang bisa Anda coba adalah:

Aktif bergerak

Perlahan tapi pasti gerakkan tubuh Anda ke belakang. Namun sesuaikan dengan kondisi tubuh dan luka pascaoperasi. Jika ragu, tanyakan kepada dokter Anda gerakan mana yang masih aman. Tidak hanya dapat meredakan sembelit, tetapi juga baik untuk proses pemulihan karena mengurangi kemungkinan terjadinya penggumpalan darah.

Ganti obat

Jenis obat pasca operasi ini dapat memperlambat sistem pencernaan. Karena itu, Anda harus membatasi konsumsinya. Selain itu, menurut penelitian, 40% orang yang menggunakan opioid sebagai pereda nyeri mengalami sembelit. Anda dapat mendiskusikan pereda nyeri alternatif selain ibuprofen atau acetaminophen.

Minum Obat Pencahar

Ada juga pilihan obat pencahar yang bisa diminum setelah operasi. Jenisnya bervariasi tergantung pada seberapa parah kondisinya. Jika obat pencahar yang dijual bebas tidak efektif, dokter Anda mungkin juga meresepkan obat yang dapat meningkatkan penyerapan cairan di usus Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *