Ternyata Kulit Pisang Juga Banyak Manfaatnya Loh


Siapa sangka selain daging buahnya, manfaat lain bisa didapat dari kulit pisang. Bahkan, sebuah laporan ilmiah menemukan adanya antioksidan kulit yang biasanya kita buang. Lantas, apa saja manfaat kulit pisang?

Apa saja bahan dari kulit pisang?

Seperti ampas pisang, kulit pisang juga menyediakan vitamin B6 dan vitamin B12. Masing-masing menyediakan fungsi penting untuk sistem saraf pusat dan kesehatan sel darah. Selain itu, kulit pisang mengandung magnesium, potasium, serat dan protein. Semua nutrisi dalam kulit pisang juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Kulit Pisang Yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda belum mengetahui manfaat kulit pisang yang sebenarnya, berikut yang dicantumkan beberapa di antaranya untuk Anda.

Sumber Antioksidan yang Tinggi

Tingginya kandungan antioksidan kulit pisang didasari oleh kandungan fitokimia seperti polifenol dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut berperan penting bagi kesehatan karena sifat antioksidannya. Manfaat kulit pisang lainnya termasuk anti-karsinogenik (penyebab kanker), anti-mutagenik (mutasi yang menyebabkan kerusakan sel), dan sifat terapeutik atau melawan penyakit.

Ahli meneliti sifat antioksidan ekstrak kulit pisang dengan media jus jeruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan ekstrak kulit pisang dalam melawan radikal bebas meningkat dengan meningkatnya dosis.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kulit pisang dapat digunakan sebagai bahan tambahan (seperti pewarna atau perasa makanan) yang juga berguna untuk meningkatkan kemampuan produk pelengkap dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker.

Perawatan Kulit Alternatif

Siapa sangka ternyata kulit pisang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Dilansir dari laman Healthline, ada beberapa klaim yang menjelaskan manfaat kulit pisang, di antaranya:

  • Manfaat kulit pisang untuk wajah bersih dan minim kerutan bisa Anda dapatkan dengan cara menggosokkannya secara lembut pada wajah. Menempatkan kulit pisang pada kelopak mata yang tertutup dapat mengurangi bengkak pada mata.
  • Kulit pisang juga dapat digunakan sebagai pelembab untuk menghidrasi kulit.
  • Menggosok kulit pisang dengan lembut dapat menyembunyikan bekas jerawat.

Memutihkan gigi

Meski penerapan manfaat kulit pisang pada gigi belum diteliti secara langsung. Banyak naturopath percaya bahwa menggosok kulit pisang pada gigi memiliki efek yang sehat. Mereka juga merekomendasikan melakukannya setiap hari dalam seminggu untuk gigi yang lebih putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *