Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Asam Lambung


Olahraga untuk penderita mulas bisa bermanfaat, tetapi juga bisa berisiko. Pasalnya, ada berbagai jenis latihan yang justru memperburuk kondisi ini. Untuk menghindari risiko tersebut, ada berbagai jenis latihan dan tips yang bisa dilakukan.

Bagi penderita maag atau bahkan GERD, olahraga merupakan salah satu cara untuk mencapai berat badan ideal. Saat Anda menurunkan berat badan, risiko penyakit perut berkurang, begitu pula gejala mulas dan GERD. Orang yang kelebihan berat badan akan mengalami gejala yang lebih parah daripada kebanyakan orang dengan refluks asam.

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita maag

Berikut beberapa jenis olahraga yang cocok untuk penderita maag:

  • Berjalan
  • Joging
  • Yoga
  • Bersepeda statis
  • Renang

Jenis latihan di atas adalah latihan dengan intensitas rendah. Karena olahraga dengan intensitas tinggi berisiko menyebabkan sakit maag.

Tidak semua penderita maag akan mengalami kekambuhan dengan olahraga yang intens. Namun tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati dan memulai aktivitas fisik dengan aktivitas ringan terlebih dahulu.

Jika Anda tidak lagi sakit perut setelah itu, Anda dapat meningkatkan intensitas latihan Anda secara bertahap. Jika, saat intensitas olahraga meningkat, gejala mulas, seperti sakit perut, terjadi, kembalilah ke rutinitas olahraga ringan.

Tips olahraga untuk penderita maag

Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal agar kemungkinan asam lambung menumpuk saat berolahraga bisa berkurang. Berikut adalah tipsnya.

Jangan langsung berolahraga setelah makan

Berolahraga dengan perut penuh memberi tekanan lebih pada sfingter, otot antara perut dan kerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung naik. Anda disarankan untuk istirahat setidaknya dua jam sehabis makan.

Hindari makanan yang menyebabkan mulas sebelum berolahraga

Jenis makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga juga penting untuk diperhatikan. Bahkan jika Anda makan lebih dari dua jam sebelum berolahraga, makan makanan yang salah dapat meningkatkan risiko sakit maag. Beberapa makanan yang harus dihindari adalah cokelat, minuman berkafein, minuman asam, makanan pedas dan berlemak, serta buah-buahan asam seperti lemon.

Perhatikan postur Anda saat berolahraga

Berbaring dengan posisi terlentang akan memudahkan naiknya asam lambung. Oleh karena itu, Anda disarankan agar posisi tubuh pada posisi yang tepat saat berolahraga.

Misalnya, jika Anda melakukan crunch, sit-up, atau angkat beban, tambahkan bantal atau penyangga lain untuk menopang tubuh Anda sehingga Anda tidak berbaring telentang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *