Pantangan Makanan Untuk Para Penderita Panu

Hingga saat ini, belum ada diet khusus yang benar-benar dapat mengobati panu. Namun secara umum, dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat, Anda dapat mencegah atau bahkan menghilangkan munculnya panu.

Karena salah satu gejala panu yaitu menurunnya daya imun tubuh, maka risiko terkena panu akan berkurang jika mengonsumsi makanan sesuai dengan pantangan. Jenis makanan tersebut antara lain buah dan sayur-sayuran, sumber protein rendah lemak, seperti ikan dan dada ayam, gandum.

Mengkonsumsi yogurt juga dianggap membantu mencegah atau mengurangi panu. Memang, belum banyak penelitian yang dilakukan mengenai hubungan antara konsumsi produk turunan susu ini dengan penyembuhan panu. Namun, probiotik dalam kandungan yogurt telah terbukti dapat mengurangi panu, yang menyebabkan jamur.

Tips untuk mencegah munculnya panu

Selain memperhatikan asupan makanan, Anda bisa mengurangi munculnya panu dengan menjaga kebersihan kulit yang baik. Berikut beberapa tips untuk mencegah panu yang bisa Anda lakukan seperti penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung minyak. Jangan mengambil gambar yang terlalu ungu di bawah sinar matahari, karena kulit Anda bisa terlihat lebih buruk.Gunakan tabir surya spektrum luas dengan setidaknya SPF 30 setiap hari. Menjaga kebersihan kulit Anda adalah cara paling penting untuk mencegah dan menghilangkan panu. Jika Anda sudah mengikuti langkah-langkah di atas dengan seksama, namun panu tetap muncul, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan panu oleh dokter

Jenis panu yang diberikan dokter bisa bermacam-macam dan tergantung pada area kulit yang terkena panu, lokasi panu, dan ruam. Dokter dapat memberikan panu dalam bentuk salep atau obat oral. Apa saja jenisnya?

Salep untuk mengobati panu

Obat panu yang dioleskan pada kulit dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur pada kulit. Jenis salep panu yang dianggap efektif biasanya:

-. Mikonazol
-. klotrimazol
-. terbinafin

Obat panu telan

Dokter biasanya meresepkan obat panu yang diminum untuk kondisi yang lebih serius. Misalnya, lendir yang menyebar atau sering muncul kembali meski sudah diobati dengan salep. Berbagai jenis obat untuk mengobati tinea versikolor meliputi:

-. flukonazol
-. itrakonazol
-. Ketoconazole Tablet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *