Beberapa Alasan Yang Membuat Kencing Menjadi Panas


Dalam dunia medis, air seni yang panas dikenal dengan istilah disuria. Bagi Anda yang belum tahu, disuria adalah istilah umum yang menggambarkan berbagai rasa tidak nyaman saat buang air kecil, panas, nyeri, nyeri, tidak tuntas atau bahkan buang air kecil sedikit. Penyebab setelah buang air kecil terasa hangat umumnya adalah infeksi saluran kemih, termasuk penyakit menular seksual atau bentuk tidak menular lainnya.

Penyebab kencing panas

Panas, nyeri, perih, atau rasa tidak nyaman lainnya saat buang air kecil dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang perlu mendapat perhatian. Berikut beberapa penyebab kencing panas dan cara mengatasinya.

Infeksi Saluran Kemih

Air seni panas adalah salah satu gejala infeksi saluran kemih (ISK). Saluran kemih terdiri dari uretra, kandung kemih, ureter, dan ginjal. Peradangan pada salah satu organ ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

Dokter Anda mungkin meresepkan pereda nyeri dan antibiotik untuk mengobati urin yang terbakar karena infeksi saluran kemih.

Penyakit Menular Seksual

Air seni panas juga bisa terjadi jika Anda memiliki penyakit menular seksual (PMS), seperti herpes genital, klamidia, atau gonore (gonore). Namun, perlu diingat bahwa banyak kasus PMS tidak menunjukkan gejala.

Pengobatan penyakit menular seksual disesuaikan dengan jenis infeksi dan gejalanya. Selain itu, karena IMS bisa tanpa gejala, pemantauan rutin sangat dianjurkan, terutama jika Anda termasuk dalam kelompok berisiko tinggi.

Infeksi Kandung Kemih

Kondisi ini dapat menyebabkan urin terasa hangat dan berwarna kuning. Gejala lain dari sistitis yang mungkin terjadi termasuk nyeri kandung kemih dan pinggul, urin berbau tajam, darah dalam urin, dan merasa tidak enak badan.

Dalam kasus sistitis ringan, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Sementara itu, dokter mungkin menawarkan pengobatan berupa antibiotik untuk mengobati sistitis kronis.

Penyakit Radang Panggul (PID)

Penyakit radang panggul dapat mempengaruhi saluran tuba, ovarium, leher rahim, dan rahim. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab setelah buang air kecil terasa hangat.

Penyakit radang panggul harus segera diobati sebelum semakin parah karena bisa menyebar ke organ reproduksi. Untuk mengobati kondisi ini, dokter Anda mungkin meresepkan sejumlah jenis antibiotik yang berbeda.

Batu ginjal

Batu ginjal kecil dapat sembuh dengan sendirinya atau dengan bantuan obat-obatan. Namun, batu ginjal yang besar bisa sangat menyakitkan bagi pasien sehingga pembedahan mungkin diperlukan untuk mengangkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *