Nakal dan Cerewet Menjadi Ciri Anak Yang Cerdas


Pada usia prasekolah dan sekolah, rasa ingin tahu si kecil terus tumbuh dan sering mengajukan pertanyaan yang terkadang tidak bisa dijawab oleh ibu. Ditambah lagi dengan melihat tingkah si kecil yang berlari kesana kemari, tak bisa dipungkiri, terkadang ia bahkan tidak menuruti perintah ibunya. Tak jarang, kekesalan muncul ketika berhadapan dengan sikap sekecil itu. Hingga akhirnya gelar nakal pun akhirnya disandang oleh si kecil karena perbuatannya.

Sebenarnya istilah nakal kurang tepat untuk si kecil, apalagi jika ia masih balita. Karena pria kecil itu tidak bisa berpikir panjang saat itu, karakternya masih sangat ingin tahu dan tidak mengerti risiko dari apa yang dia lakukan.
Karena itu, yang terbaik adalah tidak marah atau memarahi anak Anda jika dia berperilaku tidak baik. Karena ternyata anak yang nakal dan banyak bicara bisa menjadi salah satu ciri anak yang cerdas. Benarkah itu?

Salah Satu Ciri Anak Cerdas

Salah satu ciri anak cerdas bukan hanya gelar sarjana, Bu. Ciri-ciri anak yang cerdas adalah rasa ingin tahu yang besar dan pikiran yang kritis sehingga ia sering bertanya dan memilih semua perintah yang diberikan, bahkan jika ia tidak berusaha atau mendapatkan apa yang diinginkannya, ia tidak akan merasa puas. Tahukah Anda bahwa, menurut Alison Roy, psikoterapis anak dan remaja di East Sussex Child and Adolescent Mental Health Services (CAMHS), ketika anak Anda bertindak di luar batas, itu karena mereka merasa memiliki keterikatan yang lebih aman.

Jika Anda selalu percaya dan merespons si kecil dengan baik, si kecil akan merasa bahwa suaranya dihargai, sehingga ia layak untuk melampaui batasan tersebut. Berbeda dengan anak-anak yang selalu melakukan apa yang diperintahkan, mereka tidak memiliki suara yang dihormati, sehingga mereka merasa tidak perlu berdebat.

Jadi bagaimana Anda membedakan antara nakal dan pintar ? Anda harus jeli untuk melihat perbedaannya. Perhatikan perilaku anak Anda, jika dia berperilaku kasar, menyimpang dari norma-norma umum yang berlaku di komunitasnya, maka itu bisa disebut nakal. Sedangkan anak cerdas lebih cenderung aktif, kritis dan ingin tahu serta sering bertanya. Mungkin benar dikatakan bahwa anak-anak lebih aktif’, yang merupakan bagian dari ciri-ciri anak cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *