Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Sepatu Lari Anda


Jika masih oke untuk dipakai setiap hari, kapan waktu yang pas untuk berganti sepatu lari? Selama sepatu tidak pecah dan tidak sakit saat Anda berlari, tidak apa-apa untuk tetap memakainya. Dari perasaan tidak nyaman atau sakit pertama setelah berlari, mengganti sepatu lari Anda bisa membuat perbedaan besar.

Ketentuan untuk mengganti sepatu lari

Waktu yang pas untuk ganti sepatu lari, tentu bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ini tergantung pada banyak hal, mulai dari frekuensi Anda menggunakannya hingga medan yang Anda lalui. Lalu apa saja indikator yang bisa dijadikan pedoman?

Jarak atau durasi

Para ahli setuju bahwa waktu terbaik untuk membeli sepatu lari baru adalah ketika Anda telah menempuh jarak 450-800 mil. Namun, ada kalanya faktor jarak ini tidak diperhitungkan, melainkan didasarkan pada durasi satu tahun.

Meskipun jarang dipakai, yang terbaik adalah mengganti sepatu setelah satu tahun. Karena jika kita mulai dari jarak yang ditempuh, butuh waktu bertahun-tahun bagi orang yang jarang berlari.

Sol tipis

Indikator ini sangat mudah dideteksi saat sol sepatu tipis. Akibatnya sering bergesekan dengan aspal atau frekuensi pemakaiannya cukup tinggi.

Tapi jangan hanya melihat solnya saja. Tumit sepatu juga bisa menjadi indikasi intensitas penggunaan sepatu lari. Ketika tiba saatnya untuk mengganti, akan ada butiran dan bahkan lubang di dalamnya.

Menariknya, sol tipis juga bisa menjadi petunjuk saat seseorang merasakan cedera. Saat Anda menemui dokter, tunjukkan sepatu mereka sehingga para ahli dapat melacak bagaimana mereka berjalan atau berlari selama bertahun-tahun.

Sering merasa sakit

Jika Anda sudah lama memakai sepatu yang sama dan sering merasa mual, sepatu yang Anda kenakan bisa jadi penyebabnya. Akan ada ketidaknyamanan dan rasa sakit saat berlari. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih cepat merasa lelah. Ini adalah pengingat bahwa sudah waktunya untuk mengganti sepatu lari.

Tidak ada lagi dukungan

Ada banyak fitur dalam sepatu lari yang mendukung kaki pengguna. Namun jika sudah lama digunakan dan tidak terasa mendukung, saatnya untuk menggantinya dengan yang baru.

Hal ini penting karena ketika pantulan berkurang, postur menjadi tidak stabil. Parahnya, kondisi ini bisa menjadi awal terjadinya cedera.

Terasa tidak seimbang

Perhatikan juga tanda-tanda saat sepatu Anda tidak seimbang. Ini mungkin terkait dengan cara Anda berjalan atau berlari dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut. Dengan berkonsultasi dengan ahlinya, mereka dapat merekomendasikan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *