Lakukan Ini Untuk Membentuk Kepribadian Yang Baik Pada Anak


Mengucapkan kata-kata seperti terima kasih, tolong dan minta maaf adalah etiket sederhana yang harus diajarkan kepada si kecil. Selain etika, anak juga perlu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat untuk membentuk kepribadiannya di masa depan. Di usia yang masih muda, si kecil lebih mudah menerima pelajaran yang Anda pelajari, jadi tunggu apa lagi? Ajari si kecil pelajaran mulai sekarang!

Bagikan mainan dengan teman

Terkadang anak tidak mau berbagi mainan dengan teman lain. Apalagi jika mainan tersebut merupakan karakter favoritnya. Bu, mari kita hilangkan kebiasaan buruk ini. Katakan padanya bahwa jika dia tidak ingin berbagi, semua temannya tidak ingin bermain dengannya lagi. Dari kalimat ini, si kecil akan berpikir tentang ketidaknyamanan bermain sendirian. Dan beberapa menit kemudian, dia pasti akan melepas mainannya dan membaginya dengan teman-temannya.

Budayakan bekerja sama

Kebiasaan kedua yang harus diketahui anak Anda adalah bekerja sama. Ke depan, kerjasama sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi yuk ajari si kecil mulai dari sekarang. Jika Anda memiliki keluarga besar, Anda bisa mengajak si kecil untuk membantu menyiapkan makanan, mengajaknya mendekorasi ruangan atau bahkan menata barang di rumah. Hal-hal kecil ini akan membantu menumbuhkan dan memperdalam semangat kerjasama dalam dirinya sebagai seorang anak.

Berbagi kepada yang membutuhkan

Untuk itu diperlukan peran orang tua. Mulailah dari diri Anda sendiri sebelum meminta si kecil untuk berdonasi. Sisihkan pakaian yang tidak terpakai dan beberapa buku bekas. Kemudian bawa si kecil ke panti asuhan dan sumbangkan barang-barangnya. Selama proses donasi, anak kalian mungkin akan menanyakan alasan ini kenapa harus dibagikan.

Sekarang Anda dapat menjelaskan pentingnya berdonasi dan manfaat dari kegiatan ini. Dari situ si kecil akan mulai paham dan mungkin bulan depan dia akan mengajak Anda untuk mendonasikan beberapa mainannya.

Anak-anak selalu memiliki rasa ingin tahu yang besar. Berikan pemahaman yang baik agar ia dapat menerapkan kebiasaan-kebiasaan sederhana dalam hidupnya. Semoga reviewnya bermanfaat ya untuk kalian para orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *