Insomnia Terjadi Karena Beberapa Faktor Dan Bisa Saja Karena Stres

Insomnia Terjadi Karena Beberapa Faktor Dan Bisa Saja Karena Stres

Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami insomnia atau sedang dalam masa itu. Ada juga beberapa orang yang memang tidak bisa begadang. Tapi saat dia yang tidak biasa begadang, tiba-tiba mengalami insomnia, pasti akan merasa sangat tersiksa. Seperti sudah mencoba tidur tapi tidak bisa. Merasa mata sudah lelah, badan sudah lelah, tapi tetap saja tidak bisa dibawa tidur. Beda halnya jika memang dia begadang karena faktor mengerjakan tugas atau pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Insomnia Terjadi Karena Beberapa Faktor Dan Bisa Saja Karena Stres

Tapi bagaimana memang tidak ada pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Memang tidak ada apa-apa, tapi memang rasanya sulit sekali untuk tidur. Itu bisa saja karena kalian sedang memiliki banyak pikiran, banyak kecemasan, atau kalian sedang stres. Itu bisa menjadi faktor kenapa kalian insomnia. Sehingga meskipun mata dan badan rasanya sudah sangat lelah, dan sudah siap untuk tidur, tapi pikiran masih kemana-mana. Pikiran kita tidak bisa membiarkan kita untuk beristirahat. 

Itulah sebabnya kita tidak bisa kunjung beristirahat. Karena pikiran kita tidak bisa beristirahat. Walaupun mata kita pun sudah lelah dan ingin segera tidur. Banyak pikiran atau stres bisa membuatmu tetap terjaga meskipun fisikmu sudah lelah. Dan saat kalian mulai sering begadang, insomnia mulai menjadi sebuah kebiasaan bagimu. Itu juga bisa membuat kalian tetap terjaga setiap malam. Dan jika itu sudah menjadi sebuah kebiasaan. Walaupun kalian sedang dalam keadaan okey, dalam artian tidak banyak pikiran, kalian tetap akan terjaga di malam hari. 

Jadi ada banyak alasan kalian bisa mengalami insomnia. Dan yang paling berpengaruh itu adalah stres. Jadi sebisa mungkin kalian jauhi agar tidak menjadi stres. Coba untuk melatih pikiran kalian. Dengan memikirkan apa yang harus dipikirkan, dan tidak usah memikirkan apa yang tidak perlu kalian pikirkan. Karena banyak orang fokus pada hal yang diluar kontrol mereka, kecemasan yang tidak pasti, sehingga membuat mereka overthinking dan menjadi stres.