Biji Kopi Paling Lezat Di Dunia

Minuman yang biasanya kita seduh yang berasal dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk disebut kopi. Kopi yang umum kita kenal yaitu kopi robusta dan kopi arabika padahal kopi memiliki banyak jenis dan memiliki ciri khas masing-masing. Bagi anda yang baru memasuki dunia kopi, berikut adalah jenis-jenis kopi yang perlu kamu ketahui:
1. Kopi Arabika
Kopi arabika adalah kopi yang menguasai pasar hingga 80% dari jumlah kopi yang beredar di seluruh dunia. Kopi ini salah satunya yang sangat populer dan hampir bisa anda temui di seluruh dunia. Kopi ini memiliki rasa yang sedikit asam dan warna kopi ini juga tidak terlalu pekat.
2. Kopi Robusta
Kopi robusta adalah kopi yang bisa tumbuh di daerah yang sejuk dan juga panas sekali. Kopi ini lebih tahan terhadap hama.Kopi ini memiliki rasa yang mirip dengan kacang-kacangan,lebih pahit dan juga kasar. Menanam kopi ini lebih mudah dibandingkan kopi lainnya.
3. Kopi Catimor
Sebagian orang pasti merasa asing dengan jenis kopi ini. Kopi ini memiliki bentuk yang sama dengan kopi arabika dan rasanya mirip dengan kopi robista. Mengapa hal itu bisa terjadi? karena ternyata kopi ini adalah hasil persilangan antara kopi arabika dan robista.
4. Kopi Liberika
Kopi Liberika adalah kopi yang berasal dari Liberia dan Afrika sesuai dengan namanya. Kopi ini biasanya diolah menjadi espresso ataupun latte. Kopi ini memiliki aroma menyengat seperti buah nangka sehingga kopi ini sangat sulit diperoleh di pasar lokal. Kopi ini memili rasa pahit yang sangat kental sehingga biasanya kopi ini dicampur dengan susu.
5. Kopi Kolombia
Kopi Kolombia adalah kopi yang hanya dikembangkan di Kolombia sesuai dengan namanya. Kopi ini merupakan salah satu jenis kopi arabika namun harga kopi ini lebih mahal dibandingkan kopi aribika biasa.
6. Kopi Gayo
Kopi Gayo adalah kopi yang berasal dari Aceh yakni daerah tanah Gayo sesuai dengan nama kopi ini. Kopi ini memiliki ciri khas kelas dunia yaitu aromanya yang harum dan memiliki rasa yang gurih. Kopi ini ditanam di dataran tinggi. Kopi yang berasal dari Indonesia ini juga terkenal di luar negeri sep0erti negara Amerika Serikat dan Eropa.
7. Kopi Jamaika
Kopi Jamaika berasal dari daerah Jamaika yang merupakan salah satu negara penghasil kopi di benua Amerika. Kopi ini memiliki satu jenis kopi yang sangat terkenal yaitu Jamaica Blue Mountain. Kopi ini memiliki ciri ciri: rasa yang ringan,tidak pahit dan rasanya seprti krim. Kopi ini memiliki harga yang sangat mahal karena memiliki rasa sekelas premium.
8. Kopi Exclesa
Kopi ini memiliki rasa yang kuat dan sangat dominan dengan rasa pahit. Kopi ini tumbuh didataran tinggi yang sejuk dan bisa tumbuh di daerah gambut dan dataran juga.
9. Kopi Toraja
Kopi ini adalah kopi yang berasak dari Indonesia yaitu daerah Toraja di Sulawesi. Memiliki cira rasa beri dan aroma khas rempahnya dan kayu manis. Kopi ini dikenal dengan rasa aftertastenya seperti rasa dark chocolate.
10. Kopi Gesha
Kopi Gesha adalah kopi yang memiliki rasa seperti blueberry,mangga,pepaya dan juga jeruk dan kopi menghasilkan aroma jasmine. Bagi pecinta kopi, kopi jenis ini memiliki cita rasa yang super luar biasa dan unik sekali.
Itulah jenis-jenis kopi yang perlu anda ketahui sebagai pecinta dan penikmat kopi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *