PENYEBAB HABIS MAKAN NGANTUK

Pernahkah anda merasakan mengantuk sehabis makan?Apakah anda pernah kepikrian apa penyebabnya?Apakah ini merupakan ciri-ciri anda terkena penyakit? Bisa jadi hal tersebut benar. Mengantuk setelah makan merupakan respon tubuh kita terhadap perubahan zat kimia yang disebabkan oleh proses pencernaan kita. Jadi itu adalah hal normal yang bisa saja terjadi. Namun, jika hal tersebut terus menerus terjadi dan anda merasakan tidak nyaman anda harus segera menemui dokter. Berikut adalah penyebab-penyebab munculnya ngantuk setelah makan:
  Pertama,pola pencernaan dan hormon pada otak seseorang. Tubuh kita membutuhkan energi untuk melakukan fungsinya dengan semestinya dan kita bisa memperolehnya dari makanan.Tubuh kita akan menghasilkan glukosa dengan memecah zat gizi dari makanan dalam sistem pencernaan kita. Kemudian tubuh kita akan melepasakan hormon untuk meningkatkan kadar gula darah untuk membuat rasa kenyang dan menghasilkan insulin yang akan membuat energi pada sel tersedia dengan cara dialirkan ke dalam sel> Hormon yang dilepaskan tubuh yaitu hormon amilin.glukagon,dan kolesistokinin. Disaat yang bersamaan, hormon serotonin dilepaskan dari otak kita sehingga menimbuklkan rasa ngantuk.
  Kedua,jenis makanan yang anda konsumsi. Semua makanan dicerna dengan cara yang sama tetapi efek yang diberikan kepada tubuh berbeda-beda. Makanan yang mengandung protein tinggi bisa membuat tubuh kita menjadi ngantuk karena kandungan asam amino triptofan yang ada didalamnya yang memproduksi serotonin yang mempengaruhi ngantuk kita. Contoh makanan yang mengandung protein tinggi, contoh daging,ayan,telur,ikan,bayam,tahu,keju dan kedelai.Makanan yang mengandung karbohidrat bisa memproduksi serotonin dan membuat asam amino triptofan. Itulah penyebab anda merasa ngantuk setelah makan makanan berkarbohidrat tinggi.Makanan yang dianjurkan baik dikonsumsi sebelum tidur adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein seperti sereal dan susu. Agar terhindar dari rasa ngantuk setelah makan, anda bisa menyeimbangkan makanan yang anda konsumsi dengan makan sayuran,biji-bijian,dan lemak agar diproduksi energi yang berkelanjutan.
Ketiga,kebiasaan tidur. Andajuga bisa merasakan ngantuk setelah makan jika anda memiliki pola tidur di malam hari yang buruk. Saat anda selesai makan,tubuh kita akan merasa kenyang dan rileks sehingga tubuh ktia merasa sedang beristirahat dan ngantukpun akan melanda,apalagi kalau anda tidak cukup tidur pada malam harinya. Disarankan untuk memperbaiki pola tidur anda dan hindarilah stress agar tidak terjadi terus menerus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *