Apakah Berkeringat Dapat Menurunkan Berat Badan ?


Berkeringat banyak saat berolahraga dapat membakar lebih banyak lemak dan menurunkan berat badan. Penting untuk dipahami bahwa berkeringat adalah cara tubuh mengatur suhunya. Saat tubuh berkeringat, air dan garam dapat keluar melalui kulit dan menguap untuk membantu mendinginkan suhu tubuh.

Apakah berkeringat bisa menurunkan berat badan?

Singkatnya, berkeringat memang bisa membakar sejumlah kalori dan membantu Anda menurunkan berat badan. Namun, penurunan berat badan ini bisa terjadi karena tubuh banyak mengeluarkan cairan berupa keringat.

Selain itu, penurunan berat badan saat berkeringat ini bersifat sementara. Saat Anda minum air putih dan makan makanan, berat badan Anda bisa kembali normal.

Keringat yang dihasilkan tubuh saat berolahraga juga tidak bisa digunakan sebagai ukuran penurunan berat badan. Karena Anda tetap bisa menurunkan berat badan jika berolahraga tanpa berkeringat.

Misalnya saat berenang, angkat beban ringan, hingga aktivitas fisik saat cuaca dingin. Jenis olahraga ini tidak membuat tubuh berkeringat, namun tetap membakar kalori dan jika dilakukan secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, keringat tetap bisa menjadi ukuran intensitas olahraga yang Anda lakukan.

Apakah ada manfaat berkeringat saat berolahraga?

Inilah manfaatnya:

Menyejukkan tubuh

Manfaat utama berkeringat saat berolahraga adalah untuk mendinginkan tubuh. Ini karena suhu tubuh meningkat selama dan segera setelah berolahraga.

Kulit sehat

Olahraga dengan intensitas tinggi yang membuat tubuh berkeringat dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Hal ini memungkinkan oksigen dan nutrisi untuk didistribusikan ke sel-sel kulit.

Berolahraga lebih keras

Berkeringat banyak saat berolahraga bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang meningkatkan intensitas latihan Anda. Ini dianggap sebagai insentif untuk membuat diri Anda lebih bersemangat untuk meningkatkan kekuatan tubuh saat berolahraga.

Tapi ingat, jika Anda merasa pusing, sangat lelah, dan sakit, itu berarti Anda terlalu memaksakan diri. Pastikan untuk berlatih sesuai dengan kapasitas tubuh Anda. Mulailah dengan gerakan sederhana terlebih dahulu. Saat Anda menjadi lebih terampil, Anda dapat meningkatkan intensitasnya.

Bahaya Keringat Berlebihan

Setelah menjawab pertanyaan apakah berkeringat dapat menyebabkan penurunan berat badan, Anda juga harus tahu bahwa keringat berlebih dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Ada kondisi medis yang bisa terjadi saat Anda berkeringat berlebihan, seperti dehidrasi. Jika Anda berkeringat terlalu banyak, Anda bisa mengalami dehidrasi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Ditambah lagi jika Anda berolahraga saat cuaca sedang panas.

Oleh karena itu, disarankan untuk selalu minum air putih setelah berkeringat untuk menghindari dehidrasi. Jika perlu, bawalah botol air saat berolahraga. Dengan cara ini Anda rutin minum air putih saat berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *