Salah Satu Hal Yang Berat Dilakukan Selain Meminta Maaf Adalah Mengakui 

Salah Satu Hal Yang Berat Dilakukan Selain Meminta Maaf Adalah Mengakui 

Sadarkah kalian bahwa ada banyak sikap dan tindakan yang sering sekali kita rasanya sulit sekali untuk dilakukan. Padahal kita sering bertek-tokan dengan itu. Salah satunya adalah meminta maaf. Kita sering sekali merasa sulit untuk meminta maaf. Padahal itu diperlukan. Kenapa ini menjadi sulit dilakukan? Karena saat kita meminta maaf, kita harus menurunkan ego kita dulu. Kita harus menurunkan gengsi kita. Sehingga kita bisa mengucapkan kata maaf. Apalagi jika kata maaf itu kita tujukan pada orang yang lebih muda dari kita. 

Salah Satu Hal Yang Berat Dilakukan Selain Meminta Maaf Adalah Mengakui 

Rasanya akan sangat berat untuk mengatakannya. Karena rasanya harga diri kita sangat rendah. Itulah manusia. Tidak hanya soal gender, perempuan atau laki-laki. Tapi semua akan merasakan seperti itu. Semua orang memiliki gengsi yang tinggi. Sehingga saat harga dirinya diuji, itu akan sangat membuat kita mudah panas dan gampang untuk digoyangkan. Tapi percayalah saat kita bisa melalui itu, kita bisa melawan perasaan itu, maka kita akan lebih mudah untuk menjalani hidup kita. Kita akan semakin mudah menjalani hari kita. 

Hanya perlu sedikit membesarkan hati kita, dan turunkan ego dan gengsi kita. Tidak selamanya kita harus mengangkat kepala kita, dagu kita. Ada saatnya kita harus menunduk dan merendahkan diri. Agar kita tahu diri, dan tidak lupa diri. Dan ini berlaku pada semua orang, tanpa peduli apa latar belakangnya dan apa jabatannya. Tanpa peduli apa gendernya dan seberapa besar pengaruhnya. Karena pada dasarnya kita semua ini sama rata, kita sederajat. Semua dari kita sama saja. 

Dan selain sikap minta maaf ada sikap lain yang rasanya sangat sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Yaitu mengakui. Sangatlah sulit dan berat rasanya untuk mengakui kesalahan. Untuk mengakui kelemahan kita, untuk mengakui kalau kita keliru. Untuk mengakui bahwa kita tidak lebih baik dari orang lain. Sulit mengakui kehebatan orang lain. Karena itu sama dengan merendahkan diri. Dan orang paling tidak suka jika direndahkan. Sehingga ini menjadi salah satu sikap dan tindakan yang paling dihindarkan oleh orang-orang.