Lebih Baik Sakit Hati Karena Omongan Yang Pedas Dan Tajam Daripada Pujian Yang Palsu

Salah Satu Hal Yang Berat Dilakukan Selain Meminta Maaf Adalah Mengakui 

Sering sekali orang-orang mengomentari dan mengeluhkan soal omongan orang yang pedas dan tajam. Banyak orang mengeluhkan akan kritikan pedas yang diberikan orang kepadanya. Tentang komentar tajam dan menyakitkan. Sehingga semakin banyak orang yang memiliki hati kecil. Mudah beperan, mudah sakit hati. Sehingga membuat seseorang mudah tersinggung dan sakit hati. Dan ujung-ujungnya malah melaporkan kepada pihak yang berwenang akan pencemaran nama baik, atau kode etik ITE.

Lebih Baik Sakit Hati Karena Omongan Yang Pedas Dan Tajam Daripada Pujian Yang Palsu

Sehingga sekarang ini, penjara semakin dipenuhi dengan orang-orang yang bukan melakukan kejahatan seperti pembunuhan, perampokan, kekerasan, pemerkosaan, dan semacamnya. Tapi semakin dipenuhi oleh orang-orang yang dituduhkan melakukan pencemaran nama baik, karena mulutnya pedas, karena omongannya melantur, dan menyakiti hati orang atau sebuah kelompok. Ini membuat kejahatan di Indonesia semakin ambigu, dan semakin tidak berbobot. Ini merupakan pendapat pribadi. 

Orang-orang sekarang semakin hari semakin mudah tersinggung dan sakit hati. Entah itu karena mental mereka semakin lemah, atau semakin larut dalam arus perkembangan teknologi. Sehingga membuat mereka menurunkan pertahanan mereka. Sehingga menjadi seseorang yang mudah tersinggung dan sakit hati. Padahal pada dasarnya semua orang diberikan kebebasan untuk berbicara dan berpendapat. Apa yang harus diperbaiki sebenarnya? Tata krama dalam berbicara, atau memperkuat mental dan memperbesar hati dan pikiran. 

Sehingga bisa menerima kritik dan saran. Orang-orang kadang terlalu terpaku pada apa yang didepan mata, apa yang dia kerjakan. Sehingga membuat dia lupa diri, dan menjadi haus pujian. Sehingga mereka lebih mudah mengolah pujian yang palsu dibandingkan kritikan yang pedas dan tajam tapi itu untuk memperbaiki kurang mereka dan membuat mereka lebih baik. Orang sekarang menjadi lebih egois dan keras kepala untuk semua itu. Sehingga banyak orang yang tidak berkembang dan hanya stuck di situ saja. Karena mereka tidak bisa menerima kritik dan saran. Hanya ingin mendengarkan apa yang ingin dia dengar. Itulah sifat dasar manusia yang perlu kita ubah.