KHASIAT BUNGA SEPATU UNTUK KESEHATAN

Bunga sepatu yang biasa dikenal sebagai tanaman hias, yang banyak dijumpai di pekarangan rumah ternyata tak hanya indah bentuk dan warnanya, namun juga bisa memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh.
Bunga sepatu dapat dijadikan sebagai teh herbal yang bagus untuk kesehatan. Teh bunga tersebut dapat dikonsumsi dengan panas ataupun dingin.

Bunga yang terlihat indah ini tak hanya sedap untuk dipandang namun bisa memberikan khasiat-khasiat yang bermanfaat untuk kita. Inilah beberapa manfaat dari bunga kembang sepatu yang wajib untuk kita ketahui dan kita pahami.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat pertama dari bunga sepatu ialah menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa dengan mengonsumsi teh dari bunga kembang sepatu ini dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.
Pada tahun 2015 sudah di lakukan lima penelitian lainnay yang mengatkan bahwa teh bunga sepatu dapat membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.
Namun perlu diingat bahwa orang yang mengonsumsi hydrochlorothiazide tidak disarankan untuk meminum teh bunga sepatu karena dapat memberikan efek terhadap pengonsumsian obat.

2. Menurunkan Kolesterol

Penelitian yang di terbitkan pada 2011 menunjukkan bahwa orang dengan riwayat tekanan darah tinggi dan mencoba mengonsumsi untuk ramuan bunga sepatu dalam kurun waktu sehari dua kali selama 30 hari dapat membantu dalam penurunan kolestrol bagi penderitanya.

3. Mencegah Kanker

Bunga kembang sepatu mengandung antioksidan yang cukup ampuh dalam mencegah kanker. Bunga kembang sepatu sendiri kaya akan polifenol yang sifatnya memiliki zat anti kanker yang kuat. hal tersebutlah yang membuat bunga kembang sepatu dapat membantu dalam mencegah kanker.

4. Membantu Dalam Pencernaan

Teh bunga sepatu dapat membantu dalam menghidrasi tubuh. Bunga sepatu yang sudah di olah menjadi teh dapat memberikan fungsi untuk membantu dalam menghilangkan natrium dan air dalam tubuh dan mampu membantu dalam melancarkan pergerakan usus dan buang air kecil.

5. Memiliki Sifat Antibakteri

Selain dari senyawa oksidan yang mampu mencegah kanker, manfaat dari bunga kembang sepatu ini dapat digunakan sebagai obat anti bakteri.

Itulah beberapa manfaat baik dari bunga kembang sepatu yang dapat kita pelajari dan kita pahami. Semoga bermanfaat untuk semua orang.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *