Cara Mencegah Agar Rumah Terhindar Dari Belatung


Pernahkah Anda menemukan belatung di rumah Anda? Belatung dapat muncul jika Anda membiarkan lalat berkerumun di tempat sampah, sisa makanan, atau popok kotor. Mengapa begitu? Karena belatung adalah larva lalat. Oleh karena itu, jika Anda mencari cara untuk mengusir belatung, yang terpenting adalah mencegah lalat masuk ke tempat sampah.

Cara menghilangkan belatung agar tidak muncul lagi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus menjauhkan lalat dari rumah Anda untuk mengusir belatung. Berikut cara menghilangkan belatung yang bisa Anda coba di rumah.

Jangan biarkan sisa makanan dan wadah makanan kotor

Jangan hanya meninggalkan sisa makanan atau piring kotor di dapur atau di tempat lain. Pastikan sisa makanan segera dibuang ke tempat sampah dan wadah makanan bekas segera dicuci.

Tutup tempat sampah

Cara lain untuk mengusir belatung adalah dengan memastikan wadah makanan tertutup rapat sehingga lalat tidak bisa digunakan untuk bertelur.

Bersihkan sisa popok

Limbah popok sebaiknya dibungkus dengan plastik sebelum dibuang ke tempat sampah, apalagi jika limbah tersebut mengandung kotoran bayi. Limbah ini sensitif terhadap lalat dan digunakan sebagai tempat berkembang biak.

Bersihkan tempat sampah secara teratur

Cara lain untuk menghilangkan belatung yang tidak bisa dihilangkan adalah dengan tempat sampah yang selalu dibersihkan secara rutin dalam beberapa hari sekali.

Cara membunuh belatung

Buat insektisida sendiri

Cara membuatnya mudah, masukkan satu sendok makan cairan pencuci piring ke dalam sprayer dan tambahkan air. Anda bisa menyemprotkannya langsung pada sumber belatung atau lalat di rumah Anda.

Percikan air panas

Anda bisa menggunakan air panas untuk membunuh belatung. Tuangkan air panas langsung ke sumber belatung di rumah Anda untuk membunuhnya secara instan. Anda juga dapat menambahkan secangkir pemutih dan 1 sendok makan hidrogen peroksida ke dalam satu liter air panas.

Buat perangkap lalat sendiri

Anda dapat membuat perangkap lalat untuk membunuh mereka sebelum mereka bertelur. Ambil wadah dan isi dengan beberapa inci air, lalu tambahkan umpan bau untuk menarik lalat (seperti madu) dan beberapa tetes sabun cuci piring.

Beli Perangkap Elektronik

Anda dapat membeli perangkap lalat elektronik untuk membunuh belatung dan lalat. Perangkap ini memancarkan sinar UV putih yang menarik serangga dan menyetrumnya hingga mati.

Jika belatung dan lalat tidak dikendalikan, risiko Anda terkena penyakit tertentu meningkat. Oleh karena itu, ikuti cara di atas untuk mengusir belatung dan lalat agar Anda terbebas dari gangguan kedua makhluk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *