Cara Untuk Menerapkan Aturan di Rumah Yang Ampuh


Memiliki aturan di rumah dianggap penting bagi anak agar mereka dapat memahami perilaku yang baik dan buruk. Selain mentaati anak-anak Anda, sebagai orang tua Anda harus mentaati mereka agar dapat menjadi panutan yang baik bagi mereka. Jadi mari kita pelajari beberapa cara efektif untuk menegakkan aturan di rumah.

Cara untuk menerapkan aturan rumah yang efektif

Seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka pindah ke tempat-tempat di mana aturan harus dipatuhi. Oleh karena itu, Anda perlu mengajari mereka sejak dini untuk mentaati aturan di rumah. Mulai dari berdiskusi dengan pasangan hingga kumpul keluarga, berikut beberapa cara membuat aturan rumah yang perlu diperhatikan.

Diskusikan dengan pasanganmu

Diskusikan hal ini dengan pasangan Anda sebelum membuat aturan untuk anak di rumah. Bicara tentang tujuan aturan. Jika aturan di rumah sudah memiliki tujuan yang jelas, diharapkan anak lebih mudah untuk mematuhinya.

Berkolaborasi

Aturan rumah tidak akan berhasil jika Anda dan anak Anda tidak bekerja sama. Setiap anggota keluarga harus menghormati ruang, pendapat, dan tindakan satu sama lain untuk memastikan aturan bekerja secara konsisten.

Buat aturan yang jelas dan konkrit

Anda harus memastikan bahwa aturan di rumah dapat dimengerti oleh anak-anak. Bagaimana mereka akan mengikuti aturan di rumah jika mereka tidak memahaminya? Buatlah aturan yang jelas dan konkrit agar anak Anda dapat mematuhinya secara konsisten. Bantu anak memahami apa arti aturan.

Tulis aturan di atas kertas

Agar anak-anak mengingat aturan dengan baik, Anda juga harus menulis aturan di selembar kertas. Tulis aturan dengan jelas dan letakkan di tempat yang bisa dibaca anak-anak. Contoh aturan rumah untuk anak-anak adalah tidak menonton televisi di malam hari. Karena itu, patuhi aturan di ruang televisi.

Sesuaikan aturan di rumah dengan usia anak

Anda juga harus menyesuaikan aturan yang dibuat dengan usia anak, misalnya soal jam tidur. Tidak mungkin anak berusia 3 tahun dan 10 tahun tidur pada waktu yang bersamaan, bukan? Jangan biarkan anak-anak tersiksa dengan aturan yang berbeda ini hanya karena tidak sesuai dengan usia mereka.

Pastikan anak juga mengikuti aturan di luar rumah

Jika Anda membuat aturan untuk mencegah anak Anda berperilaku tidak baik di rumah, pastikan dia juga mengikutinya di luar. Misalnya, ketika Anda membawa anak Anda ke rumah kakek-neneknya. Jangan biarkan anak Anda berpikir dia bisa melanggar aturan hanya karena dia keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *